Minggu, 22 Desember 2013

Satgas TNI Perbaiki dan Membuka Jalan 40 Km di Kongo

KONGO Selama setahun lamanya, akhirnya Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-J/MONUSCO berhasil memperbaiki dan membuka jalan antara Dungu-Ngilima di Republik Demokratik Kongo sepanjang 40 Km sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

Penandatanganan serah terima penyelesaian kegiatan pembukaan jalan oleh TNI kepada pemerintah lokal.

Keberhasilan Satgas di bawah pimpinan Letkol Czi Irfan Siddiq selaku Komandan Satgas, ini ditandai dengan acara serah terima pekerjaan jalan dari pihak MONUSCO (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) kepada pemerintah lokal.

Dalam acara tersebut, dilaksanakan penandatangan naskah serah terima hasil pekerjaan jalan sepanjang 40 Km antara Pejabat Sementara Head of Office MONUSCO, Mr. Leonidas Nkingiye, Kepala Administrasi Otoritas Lokal Dungu, Mr. Christopher Ikando dan Komandan Satgas Konga XX-J, Letkol Czi Irfan Siddiq, bertempat di Aula Sudirman, Bumi Nusantara Camp, Dungu-Kongo, Sabtu (21/12).

Foto bersama seusai inspeksi bersama jalan yang telah diperbaiki – foto: Puspen.

Sebelum acara serah terima dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan inspeksi bersama yang melibatkan beberapa pejabat sipil PBB dan Pemerintah Lokal. Inspeksi dimulai dari titik awal atau KM 0 tempat dimulainya pekerjaan perbaikan jalan (Dungu) dan berakhir pada KM 40 (Ngilima).

Atas kerja keras dan jerih payah dari para prajurit TNI Konga XX-J, jalan yang terbentang diantara hutan dan rawa ini telah membuka isolasi warga masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah tersebut dan masyarakat pun menyambutnya dengan kebahagiaan serta apresiasi yang tinggi atas keberhasilan ini.

Kini, jalanan yang dulunya berlubang, berbatu dan bergelombang maupun tergenang air manakala hujan turun sudah tidak ada lagi karena telah berubah layaknya jalan tol yang membelah hutan dan rawa.

Kongo-Jalan01Dengan kondisi jalan sekarang, masyarakat dapat menempuh perjalanan antar kedua kota tersebut hanya dalam waktu 1,5 jam, dimana sebelumnya harus ditempuh dalam waktu 4 sampai dengan 5 jam.

Selain itu, stabilitas keamanan di daerah tersebut dapat semakin terjamin karena patroli keamanan dapat berjalan secara rutin tanpa adanya hambatan.

Perlu diketahui, jalan Dungu-Ngilima ini merupakan daerah basis pergerakan pemberontak LRA (Lord Resistance Army) yang sering membuat kekacauan.

Siaran pers yang diterima dari perwira Penerangan Konga XX-J/Monusco, Kapten Laut (P) Dimas Apriyanto, menyatakan, usai penandatangan serah terima pekerjaan jalan, Head of Office MONUSCO, Mr. Leonidas Nkingiye dan Kepala Administrasi Otoritas Lokal Dungu, Mr. Christopher Ikando mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-J.

Menurutnya, dedikasi dan kerja kerasnya selama ini sebagai bagian dari personel perdamaian dunia PBB di Kongo dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan pembangunan infrastrukur dan sarana prasarana umum masyarakat Kongo.[Puspen/d]

  Poskota  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...