Kamis, 25 April 2013

2013, Pertama Kali Akademi Militer Terima Perempuan

  Ada 34 taruni masuk akademi militer, AAU dan AAL.  

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Agum Gumelar meminta peningkatan jumlah partisipasi wanita dalam dunia militer. Wanita belum mendapatkan porsi dalam pendidikan elite militer seperti di akademi militer.

"Saya sudah bicara dan minta pada Menteri Pertahanan agar ada taruni dalam akademi militer. Kami berhasil. Tahun ini sejarah, karena ada 34 taruni yang tersebar di Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut dan Akademi Angkatan Udara," katanya saat berdiskusi di Lembaga Pertahanan Nasional, Kamis 5 April 2013.

Selama ini akademi militer seperti Akmil, AAL dan AAU merupakan pendidikan perwira muda paling bergengsi di Indonesia. Dan selama ini hanya untuk anak laki-laki saja. Para calon perwira muda ini disebut Taruna.

Mulai tahun ini, akademi yang selama puluhan tahun tertutup bagi kaum hawa mulai terbuka. "Para perwira muda wanita ini disebut taruni. Jumlah mereka masih sedikit. Kami minta jumlahnya ditambah tiap tahun," ujarnya.

Peran wanita dalam militer hingga saat ini masih sangat minim. Para tentara perempuan ini hanya disiapkan di wilayah dan jabatan yang sifatnya administrasi. "Kami ingin ada perempuan juga yang menjadi unit khusus di kesatuan elite setiap matra: darat, laut dan udara. Perempuan pasti bisa bila diberi kesempatan," katanya.

Pada momen Hari Kartini ini ia meminta Lemhannas bersedia membuka diri pada kaum wanita. Keinginan ini disambut langsung Gubernur Lemhannas, Prof DR Ir Budi Susilo Supanji, DEA. "Kami membuka pintu selebar lebarnya," kata Budi Susilo.(umi)

  Vivanews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...