Kamis, 14 Maret 2013

Jepang Inginkan Aliansi Pertahanan dengan ASEAN

TOKYO - Jepang mendesak pembentukan hubungan pertahanan yang kuat dengan negara-negara ASEAN seiring dengan meningkatnya kapabilitas militer China. Wakil Menteri Pertahanan Jepang dan 10 orang delegasi negara ASEAN memulai pertemuan dua hari di Tokyo untuk membahas masalah itu.

"Wilayah Asia-Pasifik memiliki banyak isu yang beragam terkait pertahanan dan keamanan, termasuk pula di antaranya adalah konflik teritorial Laut China Selatan," ujar Wakil Menhan Jepang AKinori Eto dalam pertemuannya dengan delegasi ASEAN, seperti dikutip AFP, Rabu (13/3/2013).

"Di saat adanya peningkatan kematangan kerja sama ekonomi kita, Jepang dan ASEAN patut memperkuat hubungannya di ranah pertahanan dan keamanan," paparnya.

Pertemuan itu menjadi pertemuan perdana antar pejabat tinggi Jepang dan ASEAN, tepat setelah Perdana Menteri Shinzo Abe naik ke tampuk kekuasaan. Eto pun menegaskan, di bawah kepemimpinan Abe, Jepang bercita-cita memupuk hubungan pertahanan yang erat dengan ASEAN untuk menciptakan perdamaian.

Seperti diketahui, sejumlah negara ASEAN memiliki masalah yang sama dengan Jepang. Mereka terjerat dalam sengketa wilayah dengan China.

Hubungan Tokyo dan Beijing juga makin memburuk belakangan ini karena sengketa Pulau Senkaku (Diaoyu). Sengketa itu berbuntut keabsenan delegasi China di peringatan tragedi bencana tsunami Jepang yang dilaksanakan dua hari yang lalu.

China juga mulai aktif menggelar patroli di perairan yang dipersengketakannya dengan Jepang dan beberapa negara lain. Vietnam dan Filipina pun menyebut China makin agresif.

  ● Okezone  

1 komentar:

  1. Kemarin kita rencana beli Kilo neh Jepang tanya : Indonesia mau perang sama siapa ( corong aussie ), sekarang die ngajak bersekutu, padahal pelitnye minta ampun..

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...