Minggu, 10 Maret 2013

Buku KOPASKA

Dengan semangat dan keinginan kuat untuk mematangkan spesialisasi di bidang pembuatan buku-buku kemiliteran, Angkasa akhirnya berhasil menerbitkan buku KOPASKA: Spesialis Pertempuran Laut Khusus. Buku Limited Edition setebal 264 halaman ini terbit serentak mulai 4 Maret 2013 di hampir semua toko buku Gramedia di Jakarta, Bekasi, Bogor, Samarinda, Pontianak, Surabaya, Solo, Bandar Lampung, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Manado, dan Malang. Selain memprakarsai; baik pendiri, sesepuh maupun komandan Satpaska bahkan ikut dalam penyusunan isi buku yang pasti amat berarti bagi khasanah pustaka sejarah di Tanah Air ini.

Pembentukan Kopaska atau Komando Pasukan Katak, seperti diungkap dalam buku ini, tak bisa lepas dari itikad besar Presiden Soekarno yang ingin merebut kembali Irian Barat dari tangan Belanda pada tahun 1960-an. Jauh hari sebelum Trikora dikumandangkan, tiga prajurit ALRI dikirim ke Washington dan Florida, AS, untuk dilatih khusus di fasilitas Underwater Navscol US Navy. Mereka ini lah yang kelak akan pulang lalu mempersiapkan Kopaska yang akan disertakan dalam operasi amfibi terbesar ke Irian Barat. Pasukan elite TNI AL ini kemudian tumbuh dan terus berkembang hingga sekarang.

Buku ini sejatinya dipersiapkan dalam rangka memperingati Tahun Emas Komando Pasukan Katak TNI AL yang jatuh pada bulan Maret 2012. Kopaska tak saja dipersiapkan untuk operasi amfibi, tapi juga untuk menangani operasi klandestin, sabotase, kontra-sabotase, explosive-ordnance disposal dan salvage combat. Kemampuannya bermanuver di empat media (darat, laut, udara, bawah air) merupakan kelebihan tersendiri yang memberikan efek penangkalan. Buku ini dirilis dengan harga Rp 230.000,-(adr)


  ● Angkasa  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...