Senin, 18 Februari 2013

Kapal Perang Iran akan Merapat Dekat Indonesia?

Kapal Perang Iran Akan Ditempatkan di Dekat Indonesia Jakarta  Panglima Angkatan Laut Iran Laksamana Habibullah Sayyari menyatakan bahwa dalam waktu dekat kapal perang Iran akan merapat di Selat Malaka dan Cina dalam waktu dekat.

Seperti dilansir kantor berita Irna, sesuai instruksi Pemimpin Besar Revolusi Islam Ayatullah Sayid Ali Khamenei untuk memperluas jangkauan pelayaran perairan internasional, Angkatan Laut Iran akan kembali mengirim armadanya ke laut lepas.

Pejabat tinggi Iran ini menambahkan bahwa kehadiran kapal perang Iran di perairan internasional tidak menimbulkan ancaman bagi negara-negara lain, seraya menekankan bahwa berdasarkan ketentuan internasional Republik Islam berhak mengarungi perairan internasional.

Ditegaskannya pula bahwa tanker minyak dan kapal dagang Iran - yang kerap menjadi mangsa bajak laut di Teluk Aden dan Selat Bab el-Mandeb di masa lalu - sekarang dapat dengan aman berlayar di lautan lepas, berkat perlindungan Angkatan Laut Iran.

 Iran Akan Bangun Pangkalan Militer Baru 

Kantor berita resmi Iran IRNA, Ahad (17/2) melaporkan, angkatan laut Iran berencana untuk membangun pangkalan baru di dekat perbatasan Pakistan di Laut Oman.

Kepala angkatan laut Iran Adm Habibollah Sayyari mengatakan bahwa pangkalan itu akan dibangun di Pasabandar, sekira 30 kilometer (100 mil) barat dari pelabuhan utama Pakistan Gwadar.

Rencana pembangunan itu merupakan bagian dari ambisi Iran untuk mengerahkan kekuatan angkatan laut negaranya di luar Teluk Persia. Iran juga mengirim kapal perang ke Mediterania dan mengklaim suatu hari nanti mungkin memiliki kapal di Atlantik.

Iran telah melakukan banyak latihan angkatan laut dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan eksistensi di perairan regional.


  ● Republika  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...