Minggu, 17 Februari 2013

Indonesia Harus Ambil Alih FIR dari Singapura

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTIHnXvH8jYAAXILOC0_hQzUFPJHoBJalfeJQqO3CURFgzJWsBQTc7HZkQdJakarta  Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia, yang baru diresmikan bulan lalu, harus segera melakukan konsolidasi organisasi. Organisasi yang kuat akan memungkinkan LPPNPI bisa mengambil alih Flight Information Region (FIR) yang saat ini dikuasai oleh Singapura.

Demikian kesimpulan yang didapat dari seminar ”Harapan dan Tantangan Navigasi Penerbangan Indonesia” yang digelar Masyarakat Transportasi Indonesia di Jakarta, Kamis (14/2/2013).

”Wilayah kontrol udara di Indonesia saat ini dikuasai oleh Singapura. Mereka bisa mendapatkan hak untuk mengatur lalu lintas udara karena peralatan mereka lebih modern dan menggunakan satelit. Kini sudah saatnya Indonesia mengambil alih kontrol udara di atas wilayah Indonesia,” kata Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim.

Menurut Chappy, Indonesia mempunyai peluang untuk memegang kendali atas lalu lintas udara tidak hanya di atas Indonesia, tetapi juga untuk kawasan Asia Tenggara.

”Namun, hal itu baru bisa dicapai jika kemampuan dan fasilitas navigasi kita memungkinkan,” kata Chappy.

Direktur Keselamatan dan Standar LPPNPI Wisnu Darjono mengakui, saat ini peralatan radar masih menggunakan radar darat yang jangkauannya tak terlalu luas. ”Kami akan mengganti fasilitas yang lebih modern setelah pengambilalihan ini selesai,” kata Wisnu.

Risman Nurjadin, Ketua Persatuan Ahli Navigasi Penerbangan Indonesia, mengatakan, perlu dibuat rencana cadangan yang andal apabila ada gangguan pada sistem navigasi. ”Rencana ini penting untuk keselamatan,” kata Risman.



  ● Kompas  

1 komentar:

  1. ya ampun gitu ya. Knapa Indonesia ini skrg banyak mengalami kemunduran. Padahal dulu kita itu leading lho waktu masih zaman punya satelit palapa. Kita no.1 di Asia. Pokoknya punya wilayah yang luas ya harusnya penguasaan teknologi penginderaan jarak jauh juga luas. Kembalikan dong kejayaan kita masa dulu. Karena pada dasarnya kita itu sejak dulu sdh jadi bangsa besar, zaman Sriwijaya dll.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...